Translate

Arsip Blog

Selasa, 03 Juli 2012

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kenari


Beberapa peternak burung kenari memiliki pengalaman dalam membedakan jenis kelamin jantan dan betina burung kenari. Berikut cara yang sering dilakukan untuk membedakan jenis kelamin burung kenari :
1. Melihat Fisik
Metode ini dinilai paling praktis karena penentuan jenis kelamin cukup dengan melihat secara fisik. namun metode ini kadang sering menemui kesalahan dan terjadi perbedaan penilaian. Karena itu, metode ini perlu pengalaman yang luas. cara membedakan secara fisik salah satunya dengan melihat dubur atau kelamin burung.
2. Menggunakan Pendulum
Metode ini berprinsip dengan kaidah grafitasi dan magnetik bumi. konsep dasarnya adalah gaya tarik menarik dan tolak menolak.
Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan metode ini adalh peniti atau jarum yang digantung pada benang sepanjang 25 cm.
Selain peralatan, terdapat beberapa kondisi yang harus dipenuhi dalam melakukan metode ini, yaitu
- Gerakan pendulum tergantung darim kandungan hormonal burung, semakin dewasa atau sempurna kandungan hormonal, gerakan semkin kuat. karena itu pengujian sebaiknya tidak dilakukan pada burung kenari yang belum dewasa, karena kandungan hormonalnya belum sempurna. Minimumumur burung kenari yang bisa di uji dengan metode ini sekitar 4 bulan. Karena alasan inilah mengapa metode inisangat bagus untuk menentukan kesiapan burung yang akan dilakukan breeding.
- Selama melakukan pengujian dengan metode ini jauhkan benda-benda yang bersifat logam dari lokasi pengujian dengan jarak minimum 8 – 10 m. Benda-benda yang bersifat logam bisa berpengaruh terhadap hasil pengujian.
- pastikan pula selama pengujian, pendulum tidak terkena angin yang bisa mempengaruhi gerakannya.
- Gunakan logam untuk pengetesan, seperti alumunium, tembaga emas, besi, timah, perak, titanium, uranium, dan zink. jarum atau peniti juga bagus untuk digunakan.
Setelah peralatan disiapkan dan kondisi lingkunga disesuaikan, pengujian jenis kelamin bisa dilakukan.
Caranya yaitu :
- Pegang burung kenari yang ingin diketahui jenis kaelaminnya. usahakan tangan tidak bergoyang, agar jarum atau peniti tersebut benar-benar dalam kondisi diam.
- Gantung peniti dekat dahi atau dubur burung sekitar 2 cm jaraknya dari dahi atau dubur burung kenari tersebut.
- Tahan jangan bergerak maka peniti akan bergoyang.
Apabila jarum atau peniti bergerak kekiri kekanan seperti bandul lonceng dan gerakannya tegas, mengindikasikan bahwa burung kenari tersebut berkelamin jantan
Apabila jarum atau peniti tersebut bergerak berputar melingkar, mengindikasukan bahwa burung kenari tersebut berkelamin betina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut