Translate

Arsip Blog

Selasa, 03 Juli 2012

Makanan Burung Kenari


Disini saya tidak membahas mengenai jenis dan komposisi bijian yang diberikan kepada kenari, saya rasa untuk hal teknis rekan-rekan sudah pada tahu. Seperti saya utarakan pada tulisan terdahulu tentang pakan kenari, untuk hobis yang memelihara kenari dibawah 10 ekor lebih ekonomis membeli pakan kemasan. Karena membeli pakan kiloan selain harus mencuci yang membuat repot pada saat menjemur, karena membutuhkan keahlian tersendiri untuk mengetahui kandungan air dalam bijian yang dijemur. Jika kandungan airnya tinggi bijian cepat berjamur, jika kandungan air sedikit (terlalu kering) bijian kurang bagus karena nilai gizi yang terkandung berkurang. Jadi kalau menurut saya kita bagi-bagi rejeki dengan pembuat pakan hehe….
Komposisi Campuran Pakan
Ketika kita membeli makanan dalam kemasan harus memperhatikan komposisi bijian dan faktor penunjang lainnya untuk meningkatkan nilai gizi pakan kemasan. Akhir-akhir ini kalau saya perhatikan pakan kemasan yang beredar dipasaran tidak hanya campuran bijian saja tetapi mulai menambahkan telor yang di mixing (campur) dengan tepung roti, penambahan Multivitamin dan beberapa Mineral lainnya seperti minyak ikan dan vitamin E.
Untuk rekan-rekan yang sibuk jarang menjemur kenari minyak ikan sangat membantu untuk menanggulangi kekurangan vitamin D. Dengan pemberian minyak ikan yang rutin dan komposisi yang pas menjadikan burung kenari mempunyai bulu yang mengkilap, kekebalan tubuh meningkat (tahan terhadap penyakit) dan yang utama burung terlihat sehat ceria.
Bagi rekan-rekan peternak komponen lainnya yang harus diperhatikan dan sangat dibutuhkan yaitu pakan yang mengandung campuran vitamin E. Vitamin E ini berguna untuk menstimulan indukan pada saat diternak, fungsi lainnya yaitu  Vitamin E dikenal juga sebagai vitamin untuk kesuburan. Pada dasarnya semua biji-bijian mengandung vitamin E yang cukup. Akan tetapi biji-bjian yang kualitasnya jelek kandungan vitamin E nya akan rusak. Kombinasi antara vit E, A, dan D bermanfaat untuk menjaga kesuburan pejantan terutama yang sudah berumur.. Jadi pakan kemasan yang mengandung minyak ikan dan Vitamin E merupakan kombinasi yang bagus.
Sebagai informasi di pasaran sudah beredar sumber vitamin E yaitu Wheat Germ Oil, buat temen-temen yang mengoplos (mencampur) makanan sendiri bisa menambahkan Wheat Germ Oil ini sebagai tambahan vitamin E. Hanya saat ini mencari Wheat Germ Oil agak susah dipasaran jarang beredar hanya ada di kios-kios tertentu.
Cara Pemberian Pakan
Sebelumnya saya mohon maaf jika terkesan mengajari (menggurui) berdasarkan pantauan saya selama ini pemberian pakan ini sepele tetapi sangat jarang diperhatikan. Saya masih suka melihat hobis kenari memberikan pakan sebanyak-banyaknya bisa untuk 2 atau 3 hari…. Kelemahan memberikan pakan banyak adalah makhluk hidup seperti juga manusia akan memakan-makanan yang paling disukai. Demikian juga dengan burung kenari ketika ada makanan yang diberikan sebanyak-banyaknya maka yang paling dulu dimakan adalah bijian yang paling disukai, akibatnya bijian yang tidak disukai tidak pernah dimakan… Padahal tujuan pemberian bijian yang dicampur beberapa jenis adalah setiap bijian mengandung sumber energi dan gizi yang berbeda sehingga dengan makan beberapa jenis bijian maka sumber protein burung bisa tercukupi (saling menutupi kekurangan).
Cara pemberian pakan yang terbaik adalah di takar dan setiap hari pakan kenari diganti… terserah mau diganti sore atau pagi yang penting setiap hari pakan di ganti. Keuntungan pemberian pakan dengan cara ditakar adalah pakan yang kita berikan sebagian besar habis, pada saat pakan di ganti kenari akan memakan bijian yang paling disenangin sampai habis ketika lapar pakan yang kurang dia senangin akhirnya dimakan juga… Keuntungan lainnya yaitu kenari terkontrol, pakan dan tempat pakan selalu bersih karena dibersihkan setiap hari…. dan yang paling penting yaitu efisien tidak banyak pakan yang terbuang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut